Beragam manfaat bulu tangkis untuk kesehatan tubuh

Minggu, 23 Feb 2020, 19:26:38 WITA Administor, Kategori : Olahraga


1. Meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan

Tentu manfaat bulu tangkis yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Efek ini memungkinkan metabolisme tubuh Anda bekerja lebih efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Metabolisme yang bekerja baik juga membantu setiap sel dalam tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan seterusnya saat beristirahat. Itu kenapa latihan kardo paling umum dipilih untuk membantu menurunkan berat badan, karena aktivitas ini sangat efektif membakar lemak.

Main bulu tangkis dilaporkan mampu membakar kalori paling banyak ketimbang dengan berlari, menyelam, dan main bola sepak — hingga 450 kalori per jam. Menariknya lagi, manfaat kebugaran ini juga bisa dirasakan oleh orang-orang usia lanjut. Dilansir dari British Heart Foundation, seorang berusia 50 tahun dengan berat 70 kilogram dapat membakar 350 kalori hanya dengan satu jam main bulu tangkis.

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Main bulu tangkis bisa dibilang adalah salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama Anda aktif bergerak. Ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu. Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika Anda berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan.

Terlebih, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa latihan kardio dapat menurunkan risiko demensia pada orang dewasa sehat.

3. Menguatkan otot dan persendian tubuh

Main bulu tangkis melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Sebut saja otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul yang dipakai ketika melompat juga berlari, hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola. Terlebih olahraga ini juga dapat membentuk dan menguatkan otot inti.

Otot dan persendian yang kuat dan fleksibel akan mencegah Anda dari berbagai risiko cedera saat berolahraga maupun selama beraktivitas harian. Otot dan persendian yang fleksibel juga dapat memperluas rentang gerak tubuh, sehingga Anda terhindar dari penyakit arthritis yang melemahkan pergerakan.

4. Mengurangi stres

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga manfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan hormon mood bahagia dalam jumlah banyak ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres.

Kesemua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental.

Efek penurunan tingkat stres ini juga semakin bertambah karena permainan bulu tangkis melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu. Ngobrol, bersenda gurau, dan bertukar pikiran dengan orang lain merupakan salah satu cara sederhana untuk menghilangkan stres.

5. Mencegah dari sejumlah penyakit

Manfaat bulu tangkis lainnya, yang mungkin tidak pernah Anda sadari, adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko terhadap sejumlah masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas. Olahraga ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Studi dari Diabetes Prevention Program menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen daripada dengan pengobatan diabetes dari dokter saja.

Bermain bulu tangkis secara rutin juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua.



  Tentang Penulis

by : Administor
Designer Developer & Freelance, Gorontalo , Indonesia


Minggu, 23 Feb 2020, 19:26:38 WITA Oleh : Administor 5 Manfaat Main Bulu Tangkis Bagi kesehatan kita

Rabu, 19 Feb 2020, 06:59:01 WITA Oleh : Administor Volta Upomela menang telak atas Bongkar Bionga

Selasa, 18 Feb 2020, 20:25:43 WITA Oleh : Administor Salah-Mane Berebut Panggung di Atletico vs Liverpool


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Administor 5 Manfaat Main Bulu Tangkis Bagi kesehatan kita Pada : Minggu, 23 Feb 2020, 19:26:38 WITA

1. Meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan Tentu manfaat bulu tangkis yang satu ini...


Oleh : Administor Volta Upomela menang telak atas Bongkar Bionga Pada : Rabu, 19 Feb 2020, 06:59:01 WITA

Team Volly Ball Putri VOLTA UPOMELA berhasil menaklukkan Team Bongkar Bionga semalam di Open...


Oleh : Administor Salah-Mane Berebut Panggung di Atletico vs Liverpool Pada : Selasa, 18 Feb 2020, 20:25:43 WITA

Duo penyerang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane, bakal berebut panggung...


Oleh : Administor 5 Manfaat Main Bulu Tangkis Bagi kesehatan kita Pada : Minggu, 23 Feb 2020, 19:26:38 WITA

1. Meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan Tentu manfaat bulu tangkis yang satu ini...


Oleh : Administor Volta Upomela menang telak atas Bongkar Bionga Pada : Rabu, 19 Feb 2020, 06:59:01 WITA

Team Volly Ball Putri VOLTA UPOMELA berhasil menaklukkan Team Bongkar Bionga semalam di Open...


Oleh : Administor Salah-Mane Berebut Panggung di Atletico vs Liverpool Pada : Selasa, 18 Feb 2020, 20:25:43 WITA

Duo penyerang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane, bakal berebut panggung...