Sabtu, 22 Feb 2020, 20:31:46 WITA Administor, Kategori : Teknologi


Solusi teknologi smart city Qlue secara resmi hadir di Kota Tomohon, Sulawesi Utara baru-baru ini.

Rama Raditya, Founder & CEO Qlue, mengatakan, dengan memanfaatkan smartphone, warga Tomohon dapat melaporkan berbagai masalah lingkungan dan sosial menggunakan QlueApp.

Warga Tomohon dapat memonitor status laporan di dalam aplikasi, mulai dari menunggu, proses, hingga selesai. Dengan fitur geotracking, laporan warga langsung masuk ke dalam QlueDashboard agar masalah dapat langsung dipetakan, dan ditindaklanjuti.

Dijelaskan Rama, yang mengacu pada Data Biro Pusat Statistik Kota Tomohon menunjukkan sekitar 84% penduduk Kota Tomohon menggunakan ponsel, di mana 57% dari jumlah tersebut memiliki akses ke internet.

“Kami berharap penduduk Kota Tomohon dapat memanfaatkan berbagai teknologi dan inovasi Qlue dalam layanan publik yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Solusi teknologi dari Qlue akan membantu Pemerintah Kota Tomohon untuk merespon berbagai masalah kota dengan cepat dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup warga Tomohon,” ujar Rama.

Tidak hanya itu, dikatakan Rama
Qlue juga mengembangkan sensor dan analisis video yang secara otomatis dapat mendeteksi wajah, mengklasifikasi dan menghitung jumlah mobil, plat nomor, jumlah orang, dan kemampuan lainnya yang disematkan di CCTV dan lampu pengatur lalu lintas.

Solusi Qlue ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan, mengurai kemacetan dan peringatan secara otomatis bagi pelaku parkir liar melalui teknologi AI dan IoT.

Sementara Jimmy Feidie Eman,
Walikota Tomohon, mengatakan Qlue hadir untuk meningkatkan kemampuan command center yang dimiliki oleh Tomohon Smart City dengan memasang dashboard terintegrasi yang dapat menggabungkan berbagai data ke dalam dashboard Qlue.

Dashboard Qlue juga mampu mengumpulkan menganalisis, dan mengintegrasikan berbagai data antara lain data laporan warga, data wilayah administrasi, data klinik dan pelayanan kesehatan, data sekolah dan pendidikan, data tempat ibadah, data kantor pemerintahan, dan data jumlah penduduk di setiap kecamatan dan kelurahan di Tomohon. Data-data tersebut akan digunakan oleh pimpinan daerah untuk merumuskan kebijakan strategis.

Di sisi pelayanan publik, masyarakat Kota Tomohon dapat memangkas birokrasi dengan langsung menyampaikan keluhan yang ada di lingkungan mereka maupun mengenai pelayanan pemerintah langsung melalui aplikasi Qlue.

“Keluhan tersebut antara lain sampah, banjir, sanitasi, kebakaran, pelanggaran lalu lintas, parkir liar, tunawisma, dan iklan liar. Berbagai keluhan masyarakat akan masuk ke dalam aplikasi QlueWork yang digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah terkait,” tutup Jimmy.



  Tentang Penulis

by : Administor
Designer Developer & Freelance, Gorontalo , Indonesia


Sabtu, 22 Feb 2020, 20:31:46 WITA Oleh : Administor Kota Tomohon Solusi Smart City Qlue

Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Administor Kota Tomohon Solusi Smart City Qlue Pada : Sabtu, 22 Feb 2020, 20:31:46 WITA

Solusi teknologi smart city Qlue secara resmi hadir di Kota Tomohon, Sulawesi Utara baru-baru...


Oleh : Administor Kota Tomohon Solusi Smart City Qlue Pada : Sabtu, 22 Feb 2020, 20:31:46 WITA

Solusi teknologi smart city Qlue secara resmi hadir di Kota Tomohon, Sulawesi Utara baru-baru...